Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) : Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik dalam Menciptakan Inovasi-Inovasi Baru di bidang Bioteknologi dan Teknologi yang dapat Bermanfaat bagi Masyarakat.

Pada tanggal 09-13 September 2024 telah dilaksanakan kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMK Al Hafidz Leuwiliang. Kegiatan P5 ini untuk kelas X dan kelas XI yang menggunakan Kurikulum Merdeka. Kelas X terdiri dari 6 Rombel, dan Kelas XI 7 Rombel.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan tambahan dari lingkungan sekitarnya. Adapun tema yang digunakan untuk kegiatan P5 pada kali ini adalah “Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI” yang mana pengambilan tema ini didasarkan pada tujuan untuk mendorong siswa-siswi untuk berinovasi dalam merancang, mengembangkan, dan mempresentasikan berbagai karya teknologi yang bermanfaat bagi pembangunan NKRI. Dengan memperkenalkan berbagai konsep teknologi dan bioteknologi, siswa diharapkan dapat menciptakan produk bermanfaat dan menunjukkan kecintaan mereka terhadap NKRI.

Pembukaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMK Al Hafidz Leuwiliang ini dilakukan pada Senin, 09 September 2024 yang dibuka langsung oleh ibu Luthfia Rifaah, S.T, M.Pd. Selaku Ketua Pelaksana Kegiatan sekaligus Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMK Al Hafidz Leuwiliang.

Dalam kegiatan P5 ini para peserta didik bekerja secara berkelompok berdasarkan rombel/kelasnya masing-masing, yaitu 13 kelompok. Pada Proyek ini siswa diberi kebebasan memilih dan menciptakan  produk  teknologi, seperti ecomposer, air cooler, elbroom, aplikasi/software, dan berbagai teknologi lainnya, dengan harapan para peserta didik dapat berkreasi dan mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari  dalam konteks relevan dengan kebutuhan dan tantangan yang dihadapi bangsa. Proyek P5 ini juga bukan hanya menekankan pada aspek pengembangan teknologi, tetapi juga mencakup pentingnya dokumentasi, pelaporan, dan presentasi.

Pada kegiatan P5 berekayasa berteknolofi ini para siswa-siswi diberikan pembekalan 4 materi yaitu Pentingnya Inovasi dalam Perkembangan Teknologi, Berkarya dalam Rekayasa dan Teknologi, Bioteknologi dan Menyongsong Masa Depan Ummat Cemerlang.

Adapun materi pertama yaitu mengenai “Pentingnya Inovasi dalam Perkembangan Teknologi” yang dipaparkan oleh ibu Rossy Farida, S.Pd. dan Materi kedua yaitu mengenai “ Berkarya dalam Rekayasa dan Teknologi” yang dipaparkan oleh ibu Asti Irnawati, S.Kom.

“ Inovasi teknologi merupakan suatu upaya untuk menciptakan atau mengembangkan teknologi baru yang lebih baik dan efektif dalam memecahkan masalah yang ada di masyarakat. Mari memanfaatkan teknologi sesuai porsinya “. Tutur Ibu Rossy Farida selaku pemateri pertama.

Selanjutnya pada hari kedua peserta didik diberikan pembinaan atau pembekalan materi kembali dengan materi yang berjudul Bioteknologi” yang disampaikan oleh ibu Luthfia Rifaah S.T, M.Pd. dan materi yang berjudul “Menyongsong Masa Depan Ummat Cemerlang” yang disampaikan oleh ibu Faridah. Sedangkan kegiatan untuk hari ketiga dan keempat adalah proses pembuatan dan persiapan karya P5 oleh para peserta didik yang dibimbing juga oleh wali kelas masing-masing.

“ Kita berada dalam perjalanan masa depan. Dan tentu takdir tidak ada yang tahu. Masa Depan kita mungkin memang belum tentu cerah, tapi bukan menjadi alasan untuk menyerah begitu saja apalagi pasrah. Mari perjuangkan, jangan menyerah dan selalulah libatkan Allah dalam setiap langkah “. Tutur Ibu Faridah selaku pemateri Kedua.

 Selanjutnya untuk hari kelima adalah puncak dari kegiatan P5 ini, yaitu acara “Gelar Karya P5” yang mana acara ini diawali dengan presentasi peserta didik tentang karya yang telah mereka buat dihadapan tim penilai kegiatan P5. Kemudian dilanjutkan dengan pameran atau gelar karya P5 seluruh peserta di lapangan sekolah.

Dalam acara gelar karya ini dapat diketahui beberapa karya hasil inovasi dan kreatifitas para siswa-siswi dalam kegiatan P5 ini, diantaranya yaitu ; Alat pengukur kesuburan (Ph) tanah, oil filtration, accooroate, vacum cleaner, alat pendeteksi asap rokok, aquater, mist air cooler, lampu darurat otomatis, electric broom, automatic door lock, dan smart home.

Kegiatan P5 ini tidak hanya bermanfaat dalam mengasah kreativitas dan pengembangan inovasi siswa, tetapi juga sebagai sarana pertumbuhan dan pengembangan rasa solidaritas dan sportivitas antar siswa-siswi yaitu dengan berkembangnya rasa tanggung jawab, saling membantu, kerja sama, dan kekompakan para siswa-siswi. Seperti yang diungkapkan oleh salah satu peserta kegiatan P5.

“ Kegiatan P5 ini sangat berkesan untuk kami, terlebih lagi dengan adanya kegiatan inirasa solidaritas dan kerja sama tim kami sangat meningkat , karena dengan aspek itulah kami dapat menjalankan kegiatan ini dengan baik, sebagai jika tidak ada rasa solidaritas dan kerjasama maka, dapat dipastikan akan sangat sulit untuk menyelesaikan kegiatan P5 ini “. Ungkap Peserta P5 SMK Al hafidz Leuwiliang.

“ Gelar karya P5 ini merupakan sarana pembelajaran kontekstual bagi para peserta didik yang dimana diharapkan dengan adanya Gelar karya P5 ini para siswa-siswi dapat mengaplikasikan hasil proyek mereka di lingkungan masyarakat, sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar “. Tutur Bapak Najmudin selaku Wali Kelas X MPLB 2.

Dengan adanya kegiatan P5 ini diharapkan peserta didik dapat menjadi agen penggerak dan perubahan dalam kegiatan inovasi-inovasi pengembangan teknologi dimasyarakat sekitar sehingga dapat membantu dalam aspek kesejahteraan masyarakat.

 

Penulis : Ayu Putri Lestari

Dokumentasi: Tim P5, Pena Inspiratif

Channel Youtube: https://www.youtube.com/@smkalhafidzofficial1611